Berkenalan Dengan DDR


Double data rate synchronous dynamic random access memory atau DDR SDRAM, adalah jenis memori komputer yang digunakan dalam Pentium III atau yang lebih tinggi.
DDR array-tech.blogspot.co.id
DDR


DDR RAM adalah memori kerja utama komputer yang berfungsi menyimpan instruksi program dan data yang digunakan oleh central processing unit (CPU) melalui bus controller.
Memori DDR termasuk dalam keluarga dual in-line memory module (DIMM) dan merupakan bentuk lebih cepat dari SDRAM.

Setiap modul memori DDR memiliki satu takik pada sisi penghubung dan dua takik di sisi yang menempel pada kait motherboard PC untuk menahannya di tempat.

DDR RAM memiliki konfigurasi chip satu-sisi atau dua-sisi. Desktop DDR memiliki 184 pin, dibandingkan dengan 168 pin pada SDRAM. Sedangkan untuk versi laptop disebut SO-DIMM dan memiliki 200 pin.
Ada tiga jenis utama DDR RAM. DDR atau DDR1, memiliki clock speed mulai dari 100MHz hingga 200 Mhz.
DDR2, yang memiliki 240 pin dan merupakan pengganti DDR1, memiliki kecepatan puncak pada 266MHz.
DDR3, modul yang memiliki 240-pin, menggunakan lebih sedikit daya dan mampu mentransfer data delapan kali lebih cepat dari SDRAM.

Salah satu perbedaan utama antara SDRAM dan dengan memori DDRterdapat pada perbedaannya dalam menggunakan clock signal dalam pertukaran data.
SDRAM mentransfer 64 bit data pada satu waktu ke CPU menggunakan rising edge dari clock signal.
Sebaliknya, DDR RAM melewatkan data menggunakan rising dan falling edge dari clock signal tanpa perlu mengubah frekuensi clock.
Ini berarti bahwa hingga 128 bit, pada DDR RAM, dapat ditransfer pada waktu tertentu, sehingga membuatnya dua kali lebih cepat dari SDRAM.

Semakin cepat metode pertukaran data, berarti akan semakin meningkatkan kinerja.
Untuk menentukan bandwidth maksimum dari jenis memori komputer, kalikan memori bus clock dengan jumlah saluran – 1 untuk SDRAM, 2 untuk DDR, 4 untuk DDR2, dan 8 untuk DDR3- dan 64 untuk jumlah bit yang ditransfer. Kemudian bagi hasilnya dengan 8, yang merupakan jumlah bit per byte.
Jadi, untuk motherboard dengan frekuensi bus minimal 100, transfer rate puncak akan menjadi 1600 Megabyte per detik (MB/s).

Untuk komputer yang menggunakan bus 133MHz, transfer puncak akan berada pada 2100 MB/s (DDR-266 atau PC-2100).

Terakhir, modul DDR2 dengan clock speed 266MHz memiliki puncak pada 8500 MB/s.
Nama-nama standar modul memori juga menggabungkan kemampuan bandwidth.
DDR-200 atau PC-1600 berkorelasi dengan modul DDR1 dengan clock speed 100MHz dengan transfer rate 1600 MB/s.

DDR2-400 atau PC2-3200 juga mengacu kembali ke modul DDR2 dengan clock speed 100MHz dan transfer rate 3200 MB/s.

Selain kecepatan, memori DDR juga menggunakan daya lebih kecil dari SDRAM, yang beroperasi pada 2.5V (2.6V untuk DDR-400) dibandingkan dengan 3.3V pada SDRAM.
Sayangnya, memori DDR tidak kompatibel dengan jenis memori yang lebih tua. Dengan demikian, modul DDR2 tidak dapat menggantikan DDR RAM.
Bahkan, memori komputer yang bisa digunakan juga ditentukan oleh chipset motherboard, dan tidak setiap motherboard mendukung kecepatan memori lebih tinggi.

0 Response to "Berkenalan Dengan DDR"

Post a Comment

Popular